Macam-macam Rasa Cinta (Mahabbah)

Assalamu'alaikum...

Rasanya sudah lama sekali saya tidak menulis di blog. Sekarang mulai tergerak kembali keinginan untuk dapat membagikan pengalaman, materi, serta ilmu yang telah saya dapatkan. Semoga bermanfaat ya untuk teman-teman semua!

Kali ini saya akan membagikan ilmu yang telah saya dapatkan di sesi ceramah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di salah satu daerah di Cimahi pada tanggal 31 Desember 2016. Muballig yang menyampaikan materi merupakan Pimpinan Pondok Pesantren yang ada di Cipatik, yaitu Ustadz Sulaiman atau yang lebih dikenal dengan Ustadz Rhoma karena ciri khas suaranya yang mirip dengan Rhoma Irama. Materi yang beliau bahas berjudul MACAM-MACAM RASA CINTA (MAHABBAH).

Rasa cinta terbagi menjadi 3 macam, yaitu :
1. Mahabbah bi ma'na mawaddah (rasa cinta yang didasari oleh birahi)
yaitu rasa cinta kepada seseorang dengan terdapat nafsu kepadanya. misalnya cinta kepada lawan jenis, seseorang yang disukai/kekasih.
2. Mahabbah bi ma'na rahmah (rasa cinta yang tidak didasari oleh birahi)
yaitu rasa cinta karena sayang atau perasaan memiliki kepada orang lain. misalnya cinta orang tua kepada anaknya, anak kepada orang tuanya, cinta sepasang makhluk yang sudah lanjut usia.
3. Mahabbah bi ma'na mutaba'ah (rasa cinta untuk mengikuti perbuatan/sikap seseorang)
yaitu rasa cinta kepada seseorang karena ia ingin mengikuti jejak langkah yang dilakukan oleh seseorang yang dicintainya. misalnya cinta ummat kepada Nabi Muhammad SAW untuk turut pada sunnahnya, dan mengikuti apa yang diperintahkan, menjauhi apa yang dilarangnya.

Dalam hal ini, poin yang terakhir merupakan rasa cinta yang harus kita miliki sebagai Ummat Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah pemimpin yang membawa kabar gembira dan sebagai Rahmatan lil 'alamin. sehingga kita ada hingga sekarang ini. Ciri ummat Nabi adalah dengan mengikuti sunnahnya, memahami riwayat hidup/sirahnya, selalu berbuat baik. Allahumma Shalli 'ala Muhammad.

Wallahu a'lam bisshawab......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TAHAP-TAHAP EDITING

BIOGRAFI KH MUHAMMAD HASAN BISRI